korean Learning^^


Annyeonghaseyo..^^
Kenalkan saiia admin baru,, mian sebelumnya karena baru pertama kali jadi admin jadi agag bingung sendiri. Hari ini ayu mau postingin pelajaran bahasa korea sehari-hari ya.. mungkin para member sudah banyak tahu atau sudah dapat dari grup lain, jadi mian klo menuh-menuhin inbox..
Hi guys, I’m a new admin in here, today I want to share you about Korean study everyday.
Kita mulai ya..
Let’s start..
*kata ganti orang (pronoun person)
Jeo : saya (me)
Na : aku (I)
Neo : kamu (you)
Dangsin : anda (you)
Neoheui : kalian (you are)
Geu : dia (namja) (he)
Geunyeo : dia (yeoja) (she)
Uri : kami, kita (we)
Geudeul : mereka (they)


*anggota keluarga (family member)
Gajok : keluarga (family)
Abeoji : ayah (father)
Eomeoni : ibu (mother)
Appa : papa (daddy)
Eomma : mama (mommy)
Si-abeoji : ayah mertua (father in law)
Si-eomeoni : ibu mertua (mother in law)
Harabeoji : kakek (grandpa)
Halmeoni : nenek (grandma)
Oppa : kakak laki-laki untuk adik perempuan (brother for young sister)
Eonni : kakak perempuan untuk adik perempuan (sister for young sister)
Hyeong : kakak laki-laki untuk adik laki-laki (brother foe young brother)
Neonna : kakak perempuan untuk adik laki-laki (sister for young brother)
Dongsaeng : adik (brother/sister (general))
Namdongsaeng : adik laki-laki (young brother)
Yeodongsaeng : adik perempuan (young sister)
Hyeongjae : saudara laki-laki (brother)
Jamae : saudara perempuan (sister)
Bumonim : orang tua (parent)
Namphyeon : suami (husband)
Anae : istri (wife)
Adeul : anak laki-laki (son)
Tal : anak perempuan (daughter)
Sachon : sepupu (cousin)
Jokha : keponakan (cousin)

*berbicara (speaking)
Ne/ya : ya (yes)
Aniyo : tidak (no)
Sillyehamnida : permisi (excuse me)
Gwechanayo : tidak apa-apa/ baik-baik saja (that’s ok)
Jeongmalyo : sungguh (really)
Josimhaseyo : hati-hati (carefully)
Mullonimnida : tentu saja (of course)
Chukhahamnida : selamat (congrats)
Geuraeyo : oh, begitu (oh, like that)
Matsseumnida : benar (true)
Theullimnida : salah (false)
Eonjena : selalu (always)
Eonjen-ga : suatu saat (one time)
Gomawoyo : terimakasih (thank you)
Cheonmaneyo : sama-sama (your welcome)
Mianhamnida : maaf (sorry)
Mollayo : tidak tahu (don’t know)
Annyeonghaseyo : apa kabar? (what’s up?)
Annyeonghi gaseyo : selamat jalan (god bye)
Annyeonghi gyeseyo : selamat tinggal (bye)
Annyeonghi jumuseyo : selamat tidur (good night)
Eoseo oseyo : selamat datang (welcome)
Ban-gapseumnida : nice to meet you
Eonjeyo? : kapan? (when)
Eodiyeyo? : dimana? (where)
Waeyo? : kenapa? (why)
Mwo? : apa? (what)
Gidariseyo : tunggu sebentar (wait)
Saranghamnida : aku cinta kamu (love you)
Hwaganayo : saya marah (I’m angry)
Gipeoyo : saya senang (I’m happy)
Uulhaeyo : saya stress (I’m stress)
Museowoyo : saya takut (I’m fear)
Bullanhaeyo : saya gugup (I’m nervous)
Silmangieyo : saya kecewa (I’m disappointed)
Nollawoyo : saya terkejut (I surprise)
Haengbokhaeyo : saya bahagia (I’m happy)
Bukeureowo : saya malu (I’m shame)

Ada beberapa catatan nii..
Untuk terima kasih bisa dipakai beberapa kata, yaitu gomawoyo (umum), gamsahamnida (formal), dan gomapseumnida. Jadi boleh pakai yang mana aja.
Untuk maaf, bisa dipakai mianhaeyo/mianhamnida atau jeosonghaeyo/jeosonghamnida.
Oh iya untuk annyeong haseyo itu punya banyak arti, biasanya digunakan pada setiap bertemu seeorang. Bisa diartikan sapaan selamat pagi, siang atau malam, bisa juga diartikan apa kabar. Jadi kalo ketemu namja atau yeoja korea harus bilang annyeonghaseyo dulu (wajib).
Dalam kebiasaan korea juga sering kita lihat kalau bertemu, sebelum makan, ketika berpisah, dll selalu membungkukan badan, sekitar 30 smpai 60 derajat selama 2-3 detik, itu tanda orang korea menghormati orang lain.
Nah ada satu lagi, waktu kenalan pertama kali dianjurkan untuk tidak menanyakan umur, kerana dianggap kurang sopan. Dan dianjurkan untuk memberikan tambahan –ssi, yang artinya saudara/saudari agar terdengar lebih sopan.
Geurae.. jadi segitu dulu ya pelajaran nya..

1 Response to "korean Learning^^"

  1. Anonim Says:
    5 November 2010 pukul 22.39

    aku suka bnget chingu ... thank taz pelajaran bhasax .. :)

Posting Komentar

Followers